Perbedaan Sertifikat K3 Ketinggian BNSP dan Kemenaker RI

Perbedaan Sertifikat K3 Ketinggian BNSP dan Kemenaker RI

 

Di setiap perusahaan yang berjalan baik barang maupun jasa hendaklah menetapkan standar keselamatan dan juga kesehatan bagi para pekerja untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, aman dan berkualitas sehingga memberikan hasil pekerjaan yang memuaskan. Beberapa syarat keselamatan kerja di susun dalam poin-poin dibawah ini:

 

1. Mencegah Kecelakaan.

2. Mencegah dan juga mengurangi buat memadamkan Kebakaran.

3. Mencegah bahaya Ledakan.

4. Memberi kesempatan atau jalan buat menyelamatkan diri pada waktu kebakaran dan juga 5. kejadian lain yang membahayakan.

6. Memberikan pertolongan dan kecelakaan kerja.

7. Memberikan alat perlindungan diri pada para pegawai.

8. Mencegah dan mengendalikan muncul atau menyebarkan suhu, kelembaban, debu, kotoran, asap, uap, gas, hembusan angin, cuaca, sinar atau radiasi, suara dan juga getaran.

9. Mencegah munculnya penyakit akibat kerja baik dari fisik maupun psikis, peracunan, infeksi dan penularan penyakit.

10. Mendapat penerangan yang cukup dan sesuai.

11. Menyelenggarakan suhu dan lembab udara yang baik.

12. Menyelenggarakan penyegaran udara yang cukup.

13. Memelihara kebersihan, kesehatan, dan ketertiban.

14. Memperoleh kecocokan antara tenaga kerja, alat kerja, lingkungan, cara dan proses kerjanya.

15. Mengamankan dan memperlancar pengangkutan orang, binatang, tanaman dan barang. 

 

Keselamatan dan juga kesehatan kerja dalam mencegah kecelakaan pada saat bekerja ketika berada di ketinggian, pemerintah melalui peraturan menteri ketenagakerjaan RI, Nomor 9 tahun 2016 tentang sertifikat Bekerja di Ketinggian telah diatur bahwa setiap perusahaan ataupun pengusaha perlu mempunyai prosedur kerja yang baik di bawah ini.

 

1. Teknik cara perlindungan ketika jatuh.

2. Pengelolaan peralatan.

3. Teknik cara melakukan pengawasan pekerjaan.

4. Pengaman tempat kerja.

5. Kesiapan dan tanggap darurat.

 

Prosedur kerja ini meski dipahami bagi setiap pekerja yang sedang bekerja berasal dari ketinggian supaya potensi bahayanya dapat dicegah sebaik bisa saja supaya tidak memunculkan kerugian material maupun nonmaterial. 

 

Sebagai upaya lingkungan kerja yang aman, sehat dan selamat setiap pekerja terjamin, perusahaan harus menyediakan tenaga kerja yang kompeten dan berwenang di bidang k3 dalam pekerjaan di ketinggian melalui Pelatihan K3 bekerja di ketinggian dengan sertifikasi dari BNSP maupun kemnaker RI. Kemudian, ada kemunculan pertanyaan apa yang membuat perbedaan dari sertifikat K3 ketinggian BNSP dan kemenaker RI.

 

Sertifikat K3 Ketinggian BNSP

BNSP ini merupakan badan yang independen dan bertanggung jawab kepada presiden yang mempunyai kewenangan sebagai pemilik otoritas pemberi sertifikasi personil dan bertugas untuk melaksanakan sertifikasi kompeten profesi bagi para tenaga kerja dengan tugas pokok dan fungsi yang tertulis dalam PP no 23 terkait tentang badan nasional sertifikasi profesi pada tahun 2004, yaitu adalah: BNSP bisa memberikan lisensi pada lembaga sertifikasi K3 ketinggian yang ditetapkan buat melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja.

 

BNSP menyiapkan proses pelatihan K3 bekerja di ketinggian dengan mengikuti sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja seperti penetapan kebijakan K3, perencanaan dan melaksanakan rencana K3, pemantauan dan evaluasi kerja K3 serta peninjauan dan peningkatan kinerja sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja buat industri minyak dan gas di daerah itu.

 

Sertifikat K3 ketinggian KEMNAKER RI

Kemnaker menjadi salah satu lembaga yang resmi mengeluarkan sertifikasi K3 kemnaker RI untuk mencetak beberapa ahli kesehatan dan keselamatan kerja pada industri yang sedang bergerak di bidang kontraktor atau konstruksi, kimia, hinggi listrik. Pelatihan yang disiapkan oleh kemnaker RI ini merupakan suatu bentuk pembekalan materi, praktek, tes dan penilaian khusus buat pekerja yang ditunjuk perusahaan dengan maksud dan tujuan terciptanya kemajuan dan meningkatkan profit perusahaan atau kesejahteraan karyawan itu sendiri.

 

Pentingnya Sertifikasi K3 Bekerja di Ketinggian

Pentingnya sertifikasi K3 bekerja di ketinggian BNSP maupun kemnaker Ri dapat memberikan beberapa manfaat bagi pihak, Seperti: 

 

1. Bagi Karyawan di tempat kerja yang harus sudah bersertifikat

2. Jenjang karir dan promosi yang baik.

3. Meningkatkan akses untuk berkembang dalam profesinya pengakuan pada kompetensi yang dimiliki.

 

Bagi perusahaan atau Tempat Kerja

1. Berkurangnya Kesalahan Kerja.

2. Produktivitas  yang Meningkat.

3. Memudahkan dalam penerimaan karyawan.

4. Memiliki karyawan yang mampu bersaing, terampil dan termotivasi.

 

Dengan adanya ahli K3 bekerja di ketinggian, perusahaan bisa memiliki Ahli K3 yang akan ditugaskan dalam mengontrol, Mengawasi dan merancang supaya tempat kerja atau atribut yang digunakan pekerja dapat memberikan rasa nyaman dari bahaya kecelakaan kerja.

Comments

Popular posts from this blog

Tempat Jual Madu Asli di Area Bebesen Kabupaten Aceh Tengah

10 Jual Rumah Yang Cocok Banget Buat Dihuni